BREAKING
Stop Kekerasan di Papua Barat

Sunday, May 14, 2017

Green Deen (Islam Hijau)


Bumi adalah Masjid, selian di masjid kita bias shalat di mana pun yang bersih dan suci, agar dekat dengan Tuhan, ramah dengan Lingkungan dan saling menjaga satu sama yang lain di Planet ini.

Oleh: Moses Douw
Tulisan ini berawal dari kumpulan cerita, diskusi di beberapa tempat di Kota Study Yogyakarta. Salah satunya diskusi buku yang saya ikut yakni: Green Deen “ Dimana tanggung jawab umat beragama dalam melestarkan alam semesta?” di Kampus hijau UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Bumi adalah dimana tempat kita tinggal dan menjalani aktivits sehari hari. Untuk memandang bumi ini kita selalu mengalami kesalahpahaman bahwa Bumi ini di Huni oleh makhluk hidup dan mati. Sehingga manusia selalu berpikir pada arah bangunan untuk melaksanakan shalat maupun ibadah dalam makhluk mati atau bangunan masjid.

Seiring dengan perkembangan pemikiran baru dan pemikiran tentang tempat ibadah yang mega dan mewah adalah sikap manusia yang hanya penyelewengan manusia dalam menjaga alam. Mengapa? Tentunya kini kita akan kenal Green Deen dalam mengingatkan kepada kita untuk bagaimana memanfaatkan alam, lingkungan dan tempat yang diciptakan Tuhan dengan gunakan sebaik baiknya untuk beribadah dan bagaimana dengan sikap baik manusia untuk melestarikan alam sebaik seperti Masjid. Sebab, mencintai bumi ini adalah mencintai pencipta-Nya.

Green deen adalah Islam hijau, atau agama hijau. Dalam Green Deen Abdul Matin menggambarkan bahwa “Deen Adalah sebuah Ideologi atau agama. Dengan artian bahwa “islam adalah deen. Kristen adalah Deen dan hinddu adalah deen; dll.

Konsep tentang Agama hijau menuntun kita untuk menerapkan islam seraya menegaskan hubungan integral antara keimanan manusia dengan lingkungan alam. Hal ini Green Shabia juga mengatakan “Apa yang kita miliki muslim bersifat komprehensif. Islam adalah jalan hidup yang secara spiritual bergizi dan secara intelektual koheren.” Sederajatnya manusia hidup diatas bumi ini sebagai nurani yang merupakan akal budi. Artinya bahwa manusia, Tuhan dan alam. Tiga dimensi yang tak kalah pisahkan oleh siapapun di bumi ini. Setiap orang harus menghormati Tuhan dan menjadi pelindung  atau penjaga Alam.

Dalam diskusi buku Green Deen, membahas enam pokok pembahasaan dengan prinsip Agama Hijau dan ini merupakan Himpun pemikiran Faraz Khan untuk Abdul Matin seperti yang dalam bukunya sebagai berikut: 1) Memahami Kesatuan Tuhan dan Ciptaan-Nya; 2) Melihat tanda-tanda Tuhan dimana saja; 3) Menjadi Penjaga di Bumi ini; 4) Menjaga kepercayaan Tuhan; 5) Berjuang menegakan Keadilan; 6) Menjalani kehidupan yang seimbang dengan alam.

Selain itu, dalam diskusi itu juga pemateri memaparkan Dampak Manusia Terhadap lingkungan sepertI limbah, Penggunaan Energi Seperti minyak dan sejenisnya, Air sebagai Sumber Kehidupan serta Makanan sebagai penyeimbang kehidupan.

Dengan ilmu disiplin terhadap lingkungan lebih menekankan apa yang umat Green Deen rusak terhadap bumi ini, Plestarian terhadap lingkungan dan bagaimana upaya yang Green Deen lakukan untuk Lingkungan Alam. Mengapa harus perhatihan terhadap Lingkungan? Tentunya mudah jawaban untuk itu, sebab Allah Ciptakan Semua pada pasanganya dan sempurnya. Dengan istilah bahwa “ Tuhan, Alam dan Manusia adalah suatu yang tidak di pastikan untuk berpisah. Tanpa Lingkungan yang Indah akan berpengaruh Kehidupan, begitupun Manusia tanpa Tuhan hanya mimpi belaka.

Tulisan ini hanya sebuah catatan, dan untuk Resensi Buku  “Green Deen” akan saya shere maka jangan lupa selalu ikuti tulisan-tulisan di: http://mosesdouw.blogspot.co.id/


Yogyakarta, 14 Mei 2017

TENTANG ""

Mosesdouw.blogspot.com adalah website privat Moses Douw yang memuat berbagai tulisan. Apabila perbanyak atau copas tulisan dalam website ini, tolong sertakan alamat lengkap. Terima Kasih

Post Comment

Post a Comment

 
Copyright © 2013 Menongko I Ekspresi Hati
Design by MOSES | DOUW